Selasa, 27 Maret 2012

Makalah Humaniora

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
          Secara eksplisit Humaniora tercantum di dalam KIPD II ( Dirjen Dikti,1994 ), dalam rangkaian Humaniora, Filsafat, Metodologi, Etik dan Hukum Kedokteran. Hal ini bertujuan untuk memberi landasan bagi pemahaman tentang ilmu dan profesi kedokteran. Akan tetapi tidak ada ketetapan lebih lanjut tentang arahan, tujuan, lingkup bahasan cabang ilmu, dan buku ajar sebagai rujukan. Hal-hal tersebut diserahkan kepada masing-masing Fakultas Kedokteran
          Dalam KIPDI III, yang dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Dirjen Dikti, 2005 ), kata humaniora tidak lagi secara eksplisit dicantumkan, tetapi terdapat 2 kompetensi yang berkaitan dengan etika, yakni 1) Kompetensi komunikasi, kemampuan berkomunikasi efektif secara etis, dan 2) Etika, moral, medikolegal, profesionalisme dan keselamatan pasien
          Perubahan ini mencerminkan lebih difokuskannya humaniora kepada etik, yang antara keduanya bersinggungan, bahkan adanya bagian yang bertumpang tindih
          Tulisan ini diharapkan dapat memberikan arti yang tepat dari humaniora, wilayah kajiannya, dan perlunya humaniora dalam pendidikan dan praktek kedokteran

B. RUMUSAN MASALAH
Pada makalah ini kami pembahasannya dibatasi pada :
1.      Pengertian Humaniora
2.      Pendefisian Humaniora
3.      Sejarah Humaniora
4.      Bidang – bidang Humaniora
5.      Hubungan Humaniora dengan agama



BAB II
PEMBAHASAN

A. DEFINISI
Humaniora adalah cerita, ide dan kata - kata yang membantu kita merasakan kehidupan dan dunia kita. Humaniora mengenalkan kita pada orang - orang yang tidak pernah kita temui, tempat yang tidak pernah kita kunjungi, dan ide yang tidak pernah terlintas dalam benak kita. Dengan memperlihatkan bagaimana orang-orang lain hidup dan berpikir tentang kehidupan, humaniora membantu kita menentukan apa yang penting dalam kehidupan kita dan apa yang dapat kita lakukan untuk membuatnya lebih baik
Secara umum, definisi humaniora adalah disiplin akademik yang mempelajari kondisi manusia, menggunakan metode yang terutama analitik, kritikal, atau spekulatif, sebagaimana dicirikan dari sebagian besar pendekatan empiris alami dan ilmu sosial
Contoh dari disiplin humaniora adalah bahasa kuno dan moderen, literatur, hukum, sejarah, filosofi, agama, dan seni visual dan drama ( termasuk musik ). Subyek - subyek tambahan yang terkadang masuk dalam humaniora adalah teknologi, antropologi, studi area, studi komunikasi, studi kultural, dan linguistik, meskipun cabang tersebut selalu dianggap sebagai ilmu sosial.

B.  BAHASA, PERISTILAHAN
Humaniora, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ( Balai Pustaka: 1988 ), adalah ilmu - ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini antara lain
Secara bahasa, kita mengenal istilah humaniora ( Latin ), humanities ( Inggris ), humanisme, humanitarian, humanitarianisme, humanis, yang semuanya berasal dari kata human, yang berarti mankind, manusia, makhluk dengan derajat tertinggi. Humaniora maupun humanitas, kedua - duanya dipergunakan dalam bahasa Latin / Yunani, misalnya dalam Literae Humanitates, atau Literae Humaniores. Oleh karena literatur Yunani / Latin adalah sumber utama dari pengetahuan, kebijaksanaan dan ekspresi, maka humanitas ( Latin ) berarti bahasa dan literatur ( termasuk filsafat, sejarah, ilmu pidato, dan sastra ), Yunani dan Romawi kuno.
Sebagai gerakan, humaniora bangkit berbarengan dengan renaisans, sesudah ditemukannya kembali pustaka dan peradaban Yunani / Romawi kuno, yang membangkitkan minat kepada manusia, budaya, dan karyanya.
Bahasa Indonesia, yang menerjemahkan kata- kata Inggris dengan suku kata akhir ty, misalnya university, faculty, dan lain-lain, dengan …tas, yang menjadi universitas dan fakultas, cenderung lebih menggunakan kata humaniora daripada humanitas. Hal ini menunjukkan bahwa humaniora bukan terjemahan dari humanity ( Inggris ), tetapi dari bahasa Latin humaniores. Selanjutnya dalam tulisan ini dipakai kata humaniora dan bukan humanitas. Sedang kata humanitas ( kb ) diartikan sebagai kodrat manusia atau perikemanusiaan ( Fajri dan Senja ). Perlu dicatat juga terdapat penggunaan kata humaniora sebagai padanan dari humanisme, misalnya oleh Riyadi DS, ( 2005 ).
          Humaniora dapat berarti :
  1. Studi tentang bahasa - bahasa dan sastra klasik Yunani dan Romawi
  2. Cabang pengetahuan yang mempelajari manusia dan budayanya, seperti filsafat, sastra, dan seni; tidak termasuk di dalamnya ilmu ( science ) seperti biologi dan ilmu politik. Agama / kepercayaan kepada Tuhan, juga kemudian, sejak William Caxton ( 1422-1491 ) tidak dimasukkan dalam kajian humaniora ( Morris, 1981; Encycl Brit 1973 )
  3. Dalam arti yang paling umum, humaniora adalah kualitas, perasaan dan kecenderungan, bukan saja deskriptif tetapi juga normatif. Dalam kaitan ini humaniora mempunyai konotasi perasaan dan perilaku manusia sebagai gentleman, orang yang berbudi luhur dan sifat-sifat luhur yang melekat dengannya. Humaniora juga mempunyai konotasi budaya intelektual. Humaniora dimaksudkan juga studi, pelatihan, proses yang menghasilkan kualifikasi tersebut. Istilah inhumanitas diartikan sebagai not civilized, tidak berbudaya, atau bar-bar.
Kata - kata yang berdekatan dengan humaniora, bahkan sering disama artikan, adalah sebagai berikut :
  • Humanitarian ( kata sifat )
    • Memfokuskan pada kebutuhan manusia dan menghilangkan/mengangkat penderitaan manusia
    • Berkaitan dengan pengabdian pada usaha-usaha kesejahteraan manusia dan dorongan untuk perubahan masyarakat ( social reform ) = phylantopist, filantropis
  • Humanitarianisme
    • Pandangan, dasar - dasar, metoda dari humanitarian = filantropi
    • Keyakinan, bahwa satu - satunya kewajiban moral manusia adalah bekerja untuk kesejahteraan kemanusiaan yang lebih baik ( berdekatan dengan pengertian etik )
    • Keyakinan bahwa kondisi manusia dapat mencapai kesempurnaan dengan upayanya sendiri, tanpa Tuhan.
  • Humanisme
    • Keadaan atau kondisi atau kualitas sebagai manusia, makhluk berderajat tinggi
    • Filsafat atau sikap yang menaruh perhatian terhadap manusia, perhatian dan pencapaiannya
    • Studi humaniora; ajaran tentang kesopanan dan budaya
    • Gerakan / budaya dan intelektual yang terjadi pada masa renaisans
  • Humanis
    • Orang yang mengkaji humaniora, terutama mahasiswa tentang masalah - masalah klasik
    • Orang yang menaruh perhatian kepada kajian tentang upaya dan kemampuan / pencapaian manusia
    • Pengkaji / mahasiswa tentang renaisans, atau pengikut dari paham humanisme
  • Humanistik ( ks )
Berhubungan dengan humanisme atau humaniora
Dari uraian diatas, istilah Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa Arab, yang dapat mewadahi humaniora ialah adab. Dalam ilmu al adab terkandung ilmu sastra, sejarah sastra, ilmu kritik sastra, filologi. Adab juga berarti budaya yang baik. Tidak beradab berarti tidak berbudaya, tidak berperilaku baik, sebagaimana Cicero ( filsuf Yunani ) mengartikan inhumanitas dengan barbar.
Adab dapat berarti antara lain discipline of mind and manners, and of conduct or behaviour (Huges, 2004). Karya al Makdisi ( 2005 ), dapat lebih memastikan bahwa ilmu adab adalah Humaniora.

C. SEJARAH HUMANIORA
Di dunia Barat, studi humaniora dapat dilacak hingga ke Yunani Kuno, sebagai basis pendidikan yang besar bagi masyarakat. Selama masa Romawi, konsep tujuh seni liberal bertingkat, termasuk grammar, retorika dan logika ( trivium ), bersama dengan aritmatika, geometri, astronomi dan musik ( quadrivium ). Subjek - subjek ini membentuk curahan pendidikan pertengahan, dengan penekanan pada humaniora sebagai keterampilan atau “cara melakukan sesuatu”.
          Sebuah pergeseran utama selama masa Renaissance, ketika humaniora mulai dihargai sebagai subyek untuk lebih dipelajari daripada dipraktekkan, dengan penyesuaian bergeser dari bidang tradisional kepada area seperti literatur dan sejarah. Pada abad ke 20, pandangan ini ditantang oleh pergerakan paska-modernisasi, yang dicari untuk menggambarkan kembali humaniora dalam istilah yang lebih menganut persamaan untuk masyarakat demokratis.
D. BIDANG - BIDANG HUMANIORA
Sebagai sebuah bidang studi, humaniora menekankan pada analisa dan pertukaran ide - ide dibandingkan ekspresi kreatif seni atau penjelasan kuantitatif ilmu pengetahuan.
  1. Sejarah, Antropologi, dan Arkeologi mempelajari perkembangan sosial, politik dan budaya manusia.
  2. Literatur, Bahasa dan Linguistik mempelajari bagaimana kita berkomunikasi satu sama lain, dan bagaimana ide dan pengalaman kita akan pengalaman kemanusiaan diekspresikan dan diinterpretasikan.
  3. Filosofi, Etika, dan Perbandingan Agama mempertimbangkan ide tentang makna hidup dan alasan bagi pemikiran dan tindakan kita.
  4. Yurisprudensi menguji nilai - nilai dan prinsip - prinsip yang menginformasikan hukum kita.
  5. Pendekatan Historis, Kritis, dan Teoritis terhadap Seni merefleksikan dan menganalisa proses kreatif.

E. Pembagian bidang humaniora
  • Sastra Klasik
  • Sejarah
  • Bahasa
  • Hukum
  • Literatur
  • Seni Drama
    • Musik
    • Teater
    • Dansa
    • Filosofi
    • Agama
    • Seni visual
§         Melukis




F. HUMANIORA DAN ETIKA
Bila humaniora memusatkan perhatian kepada manusia, etika sebagai ilmu merupakan bagian dari filsafat yang mempelajari nilai baik - buruk, benar-salah, pantas - tidak pantas dalam kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan manusia dan lingkungannya ( Hariadi, 2005 ). Tampak ada bidang tumpang tindih antara humaniora dan etika. Humanisme atau humanitarianisme dapat berarti juga etika, yakni faham, ajaran, bahwa satu - satunya kewajiban moral manusia adalah bekerja untuk kebaikan, perbaikan dan kesejahteraan manusia ( Moris ( ed ), 1981 ).

G. HUMANIORA DAN AGAMA
Semula humaniora mencakup didalamnya juga agama / kepercayaan, tetapi kemudian, sejak William Caxton ( 1422-1491 ) ( Encycl Britt, 1973 ) agama dipisahkan dari humaniora mempercayai adanya kekuatan supranatural merupakan naluri manusia. Nilai - nilai agama diturunkan kepada manusia melalui wahyu, yang dibawakan oleh utusanNya. Nilai - nilai religius seharusnya merupakan nilai-nilai yang paling dasar dari segala tata nilai dan karena itu ada titik temu dengan nilia - nilai budaya yang dikembangkan manusia ( Muljohardjono,2004 ).
          Penguasaan ilmu dan pengembangan teknologi adalah upaya pemenuhan kebutuhan manusia. Untuk menjaga tercapainya tujuan tersebut, perlu hal tersebut dijaga, dikoridori oleh nilai-nilai budaya, dan nilai - nilai agama. Para agamawan / ruhaniawan tidak seharusnya terpaku pada kaidah - kaidah klasik dan baku, dalam mengantar, mengawal, perkembangan ilmu dan teknologi agar benar - benar bermanfaat bagi manusia. Agama ( Islam ) membuka pintu kajian - kajian terhadap rancangan, hasil, dan pemanfaatan dari pengembangan iptek. Pintu tersebut adalah ijtihad. Dengan persyaratan - persyaratan tertentu agamawan / ruhaniawan dapat mengkaji masalah-masalah kemajuan iptek, dan menghasilkan fatwa - fatwa kontemporer yang menjadi dasar yang dapat dipertanggungjawabkan bagi pemanfaatan hasil pengembangan serta rancangan pengembangan selanjutnya.

H. HUMANIORA DAN PENGEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI
Penguasaan dan pengembangan ilmu dan teknologi adalah amanat kemanusiaan, oleh karena itu harus memberi manfaat bagi kesejahteraan manusia. Humaniora membawa nilai-nilai budaya manusia. Nilai-nilai tersebut adalah universal. Tanpa humaniora pengembangan ilmu dan teknologi tidak lagi bermanfaat bagi manusia. Pengembangan / perkembangan yang banyak disusupi nilai - nilai bisnis menimbulkan hedonisme yang bermula di masyarakat bisnis, yang berlanjut pada umunya.
I. HUMANIORA DAN ILMU KEDOKTERAN
Lebih khusus dalam kaitan dengan pengembangan ilmu dan teknologi, ialah Iptek Kedokteran. Kedokteran adalah ilmu yang paling manusiawi, seni yang paling indah, dan humaniora yang paling ilmiah ( Pellegrino, 1970 ).
Clauser ( 1990 ) berpendapat bahwa mempelajari humaniora – sastra, filsafat, sejarah – dapat meningkatkan kualitas pikir ( qualities of mind ) yang diperlukan dalam ilmu kedokteran. Kualitas pikir tidak lagi terfokus pada hal - hal hafalan, materi baku, konsep mati, tetapi ditingkatkan dalam hal kemampuan kritik, perspektif yang lentur, tidak terpaku pada dogma, dan penggalian nilai-nilai yang berlaku didalam ilmu kedokteran. Menurunnya studi kedokteran cenderung memfokuskan mindset pada ujian, diskusi yang monoton tentang pasien, hasil laboratorium, insiden, banyak pasien, dan lain - lain. Humaniora membebaskan kita dari terkunci dalam satu mindset. Kita perlu kelenturan dalam mengubah perspektif, dan mengubah interpretasi bila diperlukan. Dengan sastra, seseorang ( mahasiswa kedokteran ) dapat mengembangkan empati dan toleransi, mencoba menempatkan diri dalam gaya hidup, imaginasi, keyakinan yang berbeda.
Ilmu kedokteran, selain ilmu-ilmu dasar, adalah juga profesi. Pengembangan profesi cenderung mengkotak - kotakkan pada bidang spesialisasi. Seorang spesialis cenderung memahami hanya bidang spesialisasinya saja. Tuntutan efektif - efisien, perhitungan cost-benefit cenderung menghapus nilai empati, kurang dapat menempatkan diri sebagai penderita. Hubungan dokter-pasien menjadi kurang manusiawi. Humaniora memperbaiki kondisi tersebut.

J. Humaniora medis
Humaniora medis merupakan bidang interdisipliner medis dimana termasuk humaniora ( literatur, filosofi, etika, sejarah dan bahasa ), ilmu sosial ( antropologi, studi budaya, psikologi, sosiologi ), dan seni ( literatur, teater, film dan seni visual ) dan aplikasinya terhadap edukasi dan praktek medis.
Humaniora dan seni memberikan pengertian yang dalam tentang kondisi manusia, penderitaan, kemanusiaan dan tanggung jawab kita satu sama lain, dan menawarkan perspektif sejarah dalam praktek medis. Perhatian terhadap literatur dan seni membantu dalam membangun dan memelihara kemampuan observasi, analisis, empati dan refleksi – diri  – kemampuan yang penting bagi pengobatan medis manusia. Ilmu sosial membantu kita memahami bagaimana biologi dan medis menempatkan diri dalam konteks sosial dan budaya dan juga bagaimana budaya berinteraksi dengan pengalaman individual akan kesakitan dan cara ilmu medis dipraktekkan.
BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
  1. Secara umum, definisi humaniora adalah disiplin akademik yang mempelajari kondisi manusia, menggunakan metode yang terutama analitik, kritikal, atau spekulatif, sebagaimana dicirikan dari sebagian besar pendekatan empiris alami dan ilmu sosial.
  2. Humaniora terdiri atas unsur - unsur seni, etika, kearifan, nilai - nilai kejujuran, kebenaran, kelembutan, memanusiakan manusia, menyingkirkan beban dari dan berbuat baik bagi manusia. Tanpa nilai - nilai tersebut, manusia atau perilakunya dapat dikategorikan tidak human, tidak manusiawi, tidak berbudaya atau barbar.
  3. Pengembangan ilmu dan teknologi adalah amanat kemanusiaan, untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu perlu dipandu oleh nilai-nilai humaniora, agar terjamin kemanfaatannya untuk manusia.
  4. Agama seharusnya merupakan nilai yang paling azasi dari seluruh nilai-nilai humaniora. Nilai-nilai agama diharapkan dapat dikembangkan oleh agamawan/ruhaniawan untuk memandu pengembangan ilmu / teknologi dan penerapannya.
  5. Ilmu kedokteran adalah ilmu yang sarat dengan nilai-nilai, namun hal ini sering dilupakan. Oleh karena itu humaniora perlu diberikan untuk membuat profesi medik lebih sensitif terhadap adanya nilai - nilai tersebut dan pengetrapannya dalam praktek.
  6. Humaniora diharapkan dapat meningkatkan kualitas berfikir, yang ditengarai sebagai sifat kritis, lentur dalam perspektif, tidak terpaku pada dogma, tanggap terhadap nilai-nilai, dan sifat empati.

DAFTAR PUSTAKA

1.      J Setyabudi, Kontroversi Nama Allah, ( Jakarta, Wacana Press, 2004 ) hal. 150-152
2.      Jalaluddin As Syuyuthi, Al Itqân fî ‘Ulûmil Qurân ( Beirut: Dar Al Kotob Al Ilmiyah, 2004 ), hal. 319
3.      Bukti paling jelas adalah ketika kalangan gereja menolak penemuan ilmiah Johannes Kepler ( 1571-1630 ) dan Galelio Galilie ( 1569-1624 )
4.      Barat menyebutnya sebagai zaman pertengahan ( The Nedieval Ages ). Dimulai dengan keruntuhan Imperium Romawi Barat tahun 476 hingga munculnya zaman Renaissance sekitar abad ke 14
5.      Ibid., Makalah Adian Husaini, Hermenutika dan Problematika Teks Bible, hal. 145-147
6.      HR Bukhari no. 7320, Muslim no. 2669, Turmudzi no. 2180, Ahmad no. 5/218
7.      Sumaryono, Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat, Yogyakarta, 1993
8.      Paumel . Rechard E, Hermeneutika, Pustaka pelajar, Yogyakarta, 2005
9.      www. Google .com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar